Macam-Macam Nafsu

Posted on 28 Maret 2012 oleh

2


NafsuAssalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sahabatku yang dirahmati Allah

Nafsu sebagai unsur rohani mempunyai fungsi besar dan selalu aktif untuk mempengaruhi kehidupan manusia ke arah baik atau buruk. Tetapi tanpa nafsu manusia tidak mempunyai semangat, oleh karena kaberadaan nafsu sering tampil membahayakan maka manusia diberi kalbu (hati) agar dapat mengimbanginya.

Nafsu itu terdiri atas beberapa macam, dan setiap macam mempunyai perwatakan tersendiri, macam-macam nafsu tersebut adalah:

1 Nafsu Amarah

Adalah jiwa yang belum mampu membedakan baik dan buruk. Nafsu ini belum mendapat pengarahan, tuntunan, sehingga belum dapat mengetahui mana yang bermanfaat dan mana yang mafsadat (merusak). Nafsu ini enggan menerima nasehat dan saran. Jadi nafsu ini merupakan nafsu yang paling buruk yang ada pada diri manusia.

2 Nafsu Lawwamah

Adalah jiwa yang telah memiliki keinsafan dan penyesalan setelah melakukan suatu kesalahan. Dalam melakukan tindakan menyimpang nafsu ini tidak berani terang-terangan. Karena ia telah menyadari akibat perbuatan yang dilakukannya. Cuma ia belum mampu mengendalikan nafsu jahat yang mempengaruhi dirinya. Maka dalam keberadaannya ia lebih dekat pada kemaksiatan.

3 Nafsu Musawwalah

Adalah jiwa yang telah mampu membedakan antara baik dan buruk, sekalipun untuk mengerjakan perbuatan buruk bagi nafsu ini tidak ada perbedaan ketika melakukan perbuatan baik. Tetapi berbuat keburukan bagi nafsu ini tidak dilakukan terang-terangan, sebab dirinya telah mempunyai rasa malu, sekalipun rasa malu ini tertuju kepada orang lain bukan dirinya sendiri. Nafsu ini membentuk keberadaan dirinya lebih cenderung kepada kejahatan daripada kebajikan. Tetapi ia suka bertanya kepada akalnya sebelum bertindak.

4 Nafsu Mutmainnah

Adalah jiwa yang telah mendapat pengarahan, tuntunan dan pemeliharaan yang baik. Sekalipun berwujud nafsu, nafsu mutmainnah ini mendatangkan ketenangan jiwa, melahirkan sikap dan tindakan baik. Akalnya difungsikan untuk menimbang, karena itu kejahatan sulit menerobos untuk menguasainya. Karena ia lebih dekat pada kebajikan.

5 Nafsu Mulhamah

Adalah jiwa yang memperoleh ilham dari Allah swt. Ia dikaruniai ilmu, diperhias dengan akhlak mahmudah (terpuji). Karena itu wujud keberadaan dirinya menjadi penyabar, suka bersyukur, tabah dan ulet.

6 Nafsu Raadhiyah

Adalah jiwa yang ridho kepada Allah swt. Status kedudukan nafsu ini sangat baik dalam memperoleh setiap anugerah. Ia suka mensyukuri nikmat, tidak banyak menuntut (qana’ah), dan mudah menerima apa yang ada padanya.

7 Nafsu Mardhiyah

Adalah jiwa yang diridhoi Allah swt. Wujud dari keridhoan ini dapat terlihat pada sikap keikhlasannya, selalu zikir, memperoleh kemuliaan (karamah).

8 Nafsu Kaamilah

Adalah jiwa yang telah sempurna bentuk dan dasarnya. Jiwa ini telah mampu untuk mengerjakan irsyad (petunjuk) dan membawa kesempurnaan pada hamba Allah yang lain. Ia sering disebut Mursyid dan mukamil. Nafsu jiwa inilah yang dikatakan mempunyai ilmu laduni, ilmu dari bimbingan Allah swt.

Itulah beberapa macam nafsu yang terdapat dalam diri manusia

Wallahu a’lam

(Oleh: Drs Abu Zakki Akhmad)

Ditandai:
Posted in: Tausyah