Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Posted on 26 Maret 2012 oleh

1


Susah makanKetika si kecil tiba-tiba sulit makan, tentu akan membuat ibu pusing, karena bila hal ini barlangsung lama tentu akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena itu cobalah beberapa cara berikut ini agar masalah yang satu ini dapat segera diatasi.

Tips-tipsnya sebagai berikut.

1. Perhatikan jadwal makannya. Pastikan tidak terlalau dekat antara waktu minum susu, jus, cemilan, makan utama. Makanan lebih mudah diberikan jika ia merasa lapar.

2. Variasikan menu bayi Anda dengan koleksi aneka resep. Lihat reaksinya. Jika ada satu resep yang disukainya, segera beri tanda agar bisa lebih sering diberikan padanya.

3. Ganti suasana makan. Misalnya jika biasanya ia makan di meja makan atau ruang bermain, sesekali ajak ia ke luar rumah, duduk di taman atau makan bersama teman-teman sebayanya.

4. Pilihlan alat-alat makan yang bervariasi dan lucu dengan warna-warni terang, dan usahakan dalam menyajikan makanan tersebut agar tampak menarik sehingga si kecil bersemangat saaat diajak makan.

5. Berikan ia mangkuk atau piring sendiri, tuangkan sedikit makanan agar ia mengambil sendiri dan menyuapkannya sendiri. Sambil sesekali Anda menyuapkan makanan ke mulutnya.

6. Jangan paksa ia makan karena akan membuatnya trauma. Pastikan suasana yang menyenangkan baginya. Seperti juga orang dewasa, ada kalanya ia tidak begitu ingin makan. Maka biarkan ia makan separo porsinya sekali-sekali. Tutuplah kekurangan nutrisinya dengan menambahkan puding atau selingan yang ia sukai.

7. Jika perlu, mintalah vitamin penambah nafsu makan untuk anak setelah konsultasi dengan dokter. Sebaiknya jangan memberi vitamin tanpa petunjuk dokter.

Ditandai: ,
Posted in: Serba-serbi