Tabiat Yang Ada Pada Manusia

Posted on 28 Maret 2012 oleh

0


IslamAssalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sahabatku yang dirahmati Allah

Tabiat adalah pembawaan dasar manusia. Tabiat sering pula disebut “watak”. Setiap orang tidak lepas dari tabiat atau watak, dan dialah yang sering dituding orang sebagai bagian kejiwaan manusia yang sulit diubah. Orang yang bertabiat buruk dimana saja suka berbuat buruk. Untuk mengubahnya tidak mudah karena harus melalui tahapan yang berat. Salah satunya adalah meninggalkan hubungannya dengan ikatan sosial yang dominan pada kejahatan. Bukan berarti tabiat jahat atau buruk tidak bisa dirubah. Suatu ketika tabiat buruk bisa di ubah asal mampu memperjuangkannya.

Ada beberapa jenis tabiat yang diketahui terdapat dalam diri manusia, yaitu:

1 Tabiat Bahimiyah
Yakni tabiat binatang jinak yang memamah biak. Tabiat ini memiliki kedekatan dengan manusia untuk memperoleh keperluan pribadi, guna memenuhi nafsu sendiri. Kalau keperluannya tercapai maka sampailah dia ke batas tujuannya. Nafsu dan syahwaty selalu menjadi tujuan prioritas. Ketika itu pikiran sehat yang seharusnya dimiliki hilang sama sekali. Lalu yang bertentangan dengan norma kesusilaan yang diburu untuk memenuhi maksud dan tujuannya. Dengan begitu akal sehatnya dikuasai nafsu.

2 Tabiat Sabu’iyah
Yakni tabiat binatang binatang buas. Ia maunya menang sendiri, enak sendiri, mulia sendiri, terpuji sendiri. Ia tidak suka ada yang menyaingi. Karena itu kebaikan apa saja yang hendak sampai ke orang lain, dicegah menurut kemampuannya. Tabiat ini sangat erat dengan kedengkian, iri, hasud dan cemburu, manakala orang lain memperoleh nikmat. Singkatnya segala kesenangan menjadi miliknya, segala kesusahan menjadi milik orang lain.

3 Tabiat Syaithaniyah
Yakni tabiat setan. Tabiat ini gemar berusaha memperdayakan manusia. Ia suka memperngaruhi orang lain agar terperosok ke jurang kenistaan. Hampir segala waktu dikuasai tabiat ini untuk menyeret manusia menuju keburukan. Karena kebaikan yang dilakukan manusia berarti menyakiti dirinya, maka selalu diupayakan agar manusia terjauhkan daripadanya.

4 Tabiat Rububiyah
Yakni tabiat yang diwarnai dengan sifat-sifat ketuhanan. Tabiat ini cenderung memelihara segala perbuatan menuju keridhoan Allah. Ia melahirkan sifat belas kasih, ikhlas, kasih sayang, suka membela yang lemah, suka menyantuni dan segala sifat terpuji lainnya yang cenderung mendekat pada keridhoan Allah.

Itulah empat macam tabiat yang salah satunya hampir dipastikan ada pada manusia.

(Oleh: Drs Abu Zakki Akhmad)

Ditandai: ,
Posted in: Tausyah