Tak Selamanya Yang Terlihat Sesuai Kenyataan

Posted on 10 Juli 2012 oleh

0


Dalam hidup ini seringkali kita melihat kehidupan seseorang lalu menduganya. Ketika kita melihat orang kaya, kita akan menduga bahwa hidupnya diliputi kesenangan, dan kalau kita melihat orang miskin kita akan menduga kalau hidupnya diliputi kesulitan.

Secara kasat mata memang terlihat seperti itu. Tapi kita tak pernah tahu apa yang sebenarnya terjadi dalam hatinya, apakah dia bahagia atau tidak. Karena “yang mengetahui kehidupan seseorang hanyalah dirinya sendiri, sedangkan orang lain hanya menilai dari apa yang terlihat serta menduganya”.

Dalam hidup ini tak jarang kita melihat mereka orang kaya yang hidupnya bergelimangan harta justru mereka menjadi broken home. Mereka mencari jati diri serta kebahagiaan di luar dan meninggalkan hidupnya yang bergelimangan harta. Dan tak jarang pula kita melihat mereka yang hidup dalam kemiskinan justru mendapatkan kebahagiaan dan ketenangan dalam hati.

Itu artinya harta tak menjamin kehidupan seseorang menjadi bahagia meskipun dalam hidup ini kita membutuhkan harta. Dan bagaimana kebahagiaan itu bisa kita dapat, semuanya tergantung dari hati kita untuk menerima apa yang telah ditentukan oleh Allah.

Jadi, masih banyak waktu untuk mendapatkan kebahagiaan dalam hidup ini. Tak perlu membandingkan diri kita dengan orang lain, tapi kita syukuri dan manfaatkan semaksimal mungkin dari apa yang kita miliki agar berbuah suatu kebahagiaan.

(Oleh: Jimmy Al Ghazali Indra)

Posted in: Serba-serbi