Impian Bukanlah Mimpi Kosong

Posted on 29 Juli 2012 oleh

0


Assalamu’alaikum sahabat, masih adakah impian dalam hidup sahabatku semua? Tentunya masih ada bukan? Ya, dalam hidup ini kita memerlukan impian sebagai penyemangat dalam hidup. Impian juga merupakan keinginan yang akan diwujudkan dalam kehidupan kita. Kalau ada manusia yang tak memiliki impian seperti halnya dia berjalan tanpa arah dan tujuan.

Karena impian yang ada dalam diri dalam manusia, kelemahan bisa menjadi kekuatan. Impian bukanlah sebuah mimpi kosong, impian bisa diwujudkan dengan adanya ikhtiar, berdoa serta tawakal kepada Allah.

Ada juga sih yang mengatakan kalau impian itu sulit sekali tercapai hanya sebuah mimpi. Dan akhirnya mereka terdiam tanpa mau berusaha untuk mewujudkannya. Secara logika untuk mencapai suatu impian memang sulit dilakukan. Namun bukan berarti kita harus menunggu suatu keajaiban yang akan terjadi pada diri kita.

Berhasil atau tidaknya kita dalam mencapai impian tersebut sebenarnya bukanlah hal yang utama. Walaupun keberhasilan ketika mencapainya menjadi tolok ukur suatu kesuksesan bagi sebagian orang. Dan menjadi suatu kebanggaan dalam hidup.

Sahabat pernahkah kita berpikir kalau ada yang mengatur segalanya dalam hidup ini? Berhasil atau tidak memang sudah menjadi kehendak Allah. Namun kita harus bisa berpikir positif dan tanamkan dalam hati kalau kita adalah orang yang terpilih untuk berhasil.

Lalu bagaimana kalau kita sudah berikhtiar, berdoa serta bertawakal namun kita masih tetap tak bisa mencapai impian tersebut? Nah disinilah yang harus kita pahami, karena dalam hidup ini semua ada dalam genggaman-Nya. Dan kita hanya bisa berserah diri atas kuasa-Nya. Dan semua yang kita lakukan dalam mencapai impian tersebut itu akan mendapat balasannya. Adapun balasannya akan didapat sewaktu di dunia berupa keberhasilan ataupun akan ditangguhkan sebagai amal di akhirat kelak.

Jadi sahabat kejar dan raihlah impian tersebut dengan ikhtiar, doa dan tawakal serta hindari kemusyrikan dalam hidup ini. Janganlah kita mengikuti yang melakukan kemusyrikan dalam mencapai impiannya. Sekalipun dia berhasil mendapatkannya itu hanyalah keberhasilan yang semu dan akan tergantikan dengan azab pada akhirnya, naudzubillah mindzalik.

(Oleh: Jimmy Al Ghazali Indra)

Posted in: Serba-serbi