Akankah Kita Menjadi Hina Ketika Dihina

Posted on 14 Juni 2013 oleh

1


Dalam hidup ini kita pastinya pernah dapat hinaan dari orang lain. Direndahkan, dihujat atau lainnya kita pun pernah kita dapatkan. Namun hal itu tidaklah lantas kita pun menjadi hina karena hinaan yang kita dapatkan. Justru yang akan menjadi hina dirinyalah. Kata-kata yang terucap menunjukan kualitas dirinya.

Yang bisa membuat kita menjadi hina atau tidak hanyalah Allah. Dan itu akibat dari perlakuan kita sendiri. Jadi kita tak perlu takut dengan hinaan orang lain selama kita masih berada di jalan Allah.

Biasanya hinaan yang sering terlontar berupa kemiskinan dan fisik seseorang. Padahal itu semua tak lepas dari takdir yang telah Allah berikan. Tak ada manusia yang ingin hidup dalam kemiskinan dan tak ada manusia yang terlahir dengan kekurangan. Dengan kata lain yang mereka hina secara tak langsung adalah takdir Allah.

Jadi kita tak perlu memikirkan apa yang mereka ucapkan. Semua itu bisa menjadi ladang pahala jika disikapi dengan kesabaran. Tersenyumlah karena Allah bersama orang-orang yang sabar.

(Oleh: Jimmy Al Ghazali Indra)

Posted in: Serba-serbi