Menyemangati Si Anak Belajar

Posted on 5 Juli 2013 oleh

0


Belajar tidak hanya dalam lingkup dinding ruang kelas. Lebih dari itu, bantu anak Anda untuk melihat dunia.

1. BIASAKAN MEMBACA

Isi dunia anak Anda dengan membaca. Sangat penting untuk memperlihatkan kepada anak bahwa selain tugas sekolah ada hal-hal lain yang perlu diketahuinya.

2. BEBAS BERPENDAPAT

Dukung anak Anda untuk dapat mengungkapkan pendapatnya. Tunjukkan bahwa Anda menghargainya. Cara ini merupakan cara yang baik untuk menumbuhkan rasa percaya diri.

3. SELALU ANTUSIAS

Perlihatkan antusiasme Anda terhadap minat anak Anda dan berikan dukungan kepadanya dalam mengembangkan topik yang disukainya.

4. SEDIAKAN PERMAINAN

Sediakan permainan dengan berbagai macam gaya belajar, mulai dari belajar mendengar sampai merangkai. Anak Anda memerlukan banyak sekali waktu bermain yang tidak terlalu terjadwal. Oleh karena itu, Anda perlu menyadari kegiatan yang terlalu padat dapat membuat anak Anda stres dan mengganggu perkembangan minatnya untuk belajar.

5. PERBEDAAN MINAT

Tunjukkan hal-hal yang baru Anda pelajari dengan antusias. Bicarakan dengan anak tentang minat Anda berdua yang berbeda. Anak akan menangkap bahwa belajar tidak ada batasan umur.

6. TANYA PELAJARAN

Tanyakan kepada anak Anda apa yang telah dipelajarinya di sekolah bukan nilai yang diperolehnya. Minta anak Anda untuk mengajarkan kepada Anda apa yang telah dipelajarinya di sekolah. Biarkan dia menggunakan kata-kata dan caranya agar membantunya untuk dapat menguasai apa yang telah dipelajarinya tadi di sekolah.

7. TIDAK KELELAHAN

Minta anak untuk selalu mengumpulkan ulangan, tes ataupun tugas sekolahnya. Tunjukkan Anda perhatian terhadap kemajuan di sekolah. Pastikan anak tidak merasa kelelahan dengan tugas yang terlalu banyak.

8. RAYAKAN PRESTASI

Rayakan prestasi yang dicapainya, tidak peduli sekecil apapun. Jika merasa dihargai karena sudah menyelesaikan suatu tugas, akan membuat anak bersemangat dan selanjutnya akan lebih mudah bagi Anda untuk memintanya belajar.

9. KEMBANGKAN BAKAT

Beri dukungan untuk mengembangkan bakat yang dimiliki anak. Karena bakat, membuat dia lebih percaya diri.

10. KEMBANGKAN DUNIA

Manfaatkan kejadian sehari-hari sebagai kesempatan untuk belajar. Dukung anak Anda untuk mengembangkan dunia di sekitarnya, ajukan pertanyaan-pertanyaan dan rangkaikan.

Posted in: Serba-serbi