Agar Anak Menjadi Pemberi dan Tak Pelit

Posted on 7 September 2013 oleh

0


Hampir semua orang ingin menjadi lebih royal dan pemberi. Kita juga ingin membesarkan anak yang pemberi dan tak pelit. Sayangnya, beberapa anak yang mulai beranjak besar timbul rasa ingin memiliki yang lebih besar ketimbang sifat pemberi. Dan, sebagian besar orangtua tak tahu bagaimana melunturkan sifat itu maupun mengajarkan anak lebih pemberi.

Berikut beberapa nasehat mengajarkan anak menjadi lebih pemberi :

1. Jadilah pemberi.

Memberi contoh adalah hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat anak melakukan apa yang Anda inginkan. Jika anak melihat Anda melakukan hal yang sama, dia akan melakukannya juga. Ini juga berlaku bagi semua sifat-sifat buruk, oleh karena itu berhati-hatilah melakukan sesuatu yang disaksikan sang buah hati. “Jika kita sadar akan memperbaiki diri dengan sebuah cara, kita akan memperbaiki dunia dengan cara yang sama” (Michael Jackson).

2. Menjadi pemberi bersama-sama.

Cobalah jadwalkan untuk melakukan kegiatan sosial atau sekedar memisahkan beberapa barang untuk diberikan pada oranglain, bersama-sama dengan sang buah hati. Jangan terlalu berharap anak akan langsung menjadi “pemberi” seperti yang diharapkan. Bagaimanapun, mengubah anak yang perengek menjadi pemberi merupakan proses pendidikan.

3. Lakukan interaksi dengan “para pemberi” lainnya.

Misalnya, libatkan anak ketika ada acara di perkumpulan keagamaan, kemasyarakatan, maupun sekolah. Beri kebebasan anak memilih jenis yang dapat dilakukannya, kendati cukup dengan bernyanyi dan menari.

4. Beri anak pengalaman sejati.

Beberapa orangtua yang beruntung dapat mengajak anaknya mengunjungi dan melakukan aksi sosial di negara-negara atau daerah miskin. Ini akan memberikan pengalaman sejati yang tak akan terlupakan bagi anak. Namun jika Anda tidak bisa memberi pengalaman sejati, ciptakan pengalaman sejati dari hal-hal sederhana di sekitar. Misalnya, memberikan mainan yang masih baik kepada anak pengasuh atau pembantu rumah tangga di sekitar.

Posted in: Serba-serbi