Kegagalan Yang Menjadikan Kesuksesan

Posted on 13 Desember 2013 oleh

0


Kegagalan bagi sebagian menjadi sebuah momok. Moment yang sedapat mungkin dihindari. Karena sifatnya yang tidak menyenangkan. Karena apa yang di inginkan, apa yang direncanakan, dan apa yang dilakukan tidak mendatangkan hasil sebagaimana yang kita harapkan. Ini berlaku bagi ORDINARY PEOPLE, pribadi kebanyakan, pribadi biasa-biasa saja. Mengapa? Karena mereka tidak menyadari sesuatu yang berada dibalik kegagalan yang mereka alami.

Anda tentu tidak ingin menjadi pribadi yang biasa saja bukan!? Maka dari itu Anda perlu menyadari apa yang ada di balik setiap kegagalan. Apa itu? Jawabnya KESUKSESAN. Ya! kesuksesan. Untuk menjelaskan hal ini saya akan menggambarkan kegagalan dengan sebuah PER.

Sebuah PER atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Shock Absorber biasa dipasang pada kendaraan bermotor untuk meredam guncangan disaat melaju di jalan yang tidak rata atau bahkan berlubang. Dengan adanya PER maka tingkat ketidaknyamanan pengendara akibat guncangan menjadi lebih kecil dibandingkan jika tidak menggunakan PER. PER bisa mengurangi tingkat ketidaknyamanan akibat guncangan karena mekanisme kerja yang ia miliki: ketika di TEKAN ia akan MELEJIT (mendesak melawan arah tekanan) ke atas. Inilah yang terjadi pada diri kita ketika menghadapi kegagalan.

Kegagalan biasanya membuat diri kita merasa terTEKAN. Hal ini ditandai dengan perasaan yang menyesakkan dada dan memusingkan kepala. Jika Anda pribadi yang biasa maka Anda akan berhenti sampai disini, menganggap kegagalan sebagai ending dari segalanya, yang Anda dapatkan hanyalah perasaan tertekan. Lain halnya jika Anda seorang pribadi yang luar biasa, Anda akan menjadikan hal demikian layaknya seorang yang sedang minum jamu, pahit rasanya namun besar khasiatnya.

Mengapa? Karena Anda mengetahui apa yang akan terjadi setelah TEKANAN yang Anda alami, yaitu Anda akan MELEJIT tinggi ke atas, menuju posisi yang lebih tinggi lagi, impian yang Anda impikan, KESUKSESAN yang ingin Anda raih.

Melalui TEKANAN kegagalan yang Anda hadapi anda menjadi MELEJIT tinggi ke atas karena Anda mengetahui sebab-musabab yang menjadikan diri Anda gagal sehingga Anda akan melakukannya dengan lebih baik lagi dikemudian hari.

Satu hal yang tidak boleh terlupa adalah semakin besar TEKANAN yang diterima PER maka ia akan MELEJIT dan melompat semakin tinggi. Maka dari itu, semakin besar TEKANAN yang Anda hadapi maka semakin tinggi pencapaian yang akan Anda raih.

Cukuplah kita berkaca dari besarnya TEKANAN kegagalan yang dialami Abraham Lincoln hingga akhirnya ia meraih pencapaian tertingginya sebagai salah satu presiden negara terbesar di dunia.

My Life, My Inspiration

(Oleh : Asevy Sobari)