Selaras Dengan Alam

Posted on 25 Februari 2014 oleh

0


Alam

Alkisah ada seorang anak petani yang tidak sabar melihat padi yang ditanam ayahnya disawah tumbuh sangat lambat. Kemudian ia berinisiatif untuk mempercepat pertumbuhannya, yakni dengan menarik sedikit semainya ke atas. Setelah selesai mengerjakan semuanya dan merasa telah berhasil menambah tinggi tanaman-tanaman padi tersebut, ia pulang dengan perasaan gembira dan puas. Beberapa hari kemudian ia kembali ke sawah untuk melihat tanaman padi ayahnya. Ternyata, semua tanaman padi ayahnya telah layu dan mati.

Layaknya padi pada kisah bijak diatas, kepemimpinan excellent adalah model kepemimpinan yang selaras dengan alam. Alam mengajarkan kepada kita tentang pertumbuhan. Kepemimpinan excellent merupakan model kepemimpinan yang hanya dapat anda miliki melalui proses, tahap demi tahap. Ia bukan model kepemimpinan cepat saji, seperti burger atau hot dog yang bisa anda nikmati dalam waktu 5-10 menit.

Membaca buku itu wajib, mengikuti training itu penting, namun kepemimpinan excellent bukanlah model kepemimpinan yang bisa anda miliki hanya dengan melakukan itu. Ia merupakan model kepemimpinan yang hanya bisa anda tumbuh kembangkan melalui latihan-latihan atau aksi-aksi nyata kebermanfaatan di lapangan kepemimpinan.

Aksi nyata kebermanfaatan yang anda lakukan pun harus sejalan dengan pertumbuhan kualitas pribadi anda. Bukan aksi nyata kebermanfaatan yang dipaksakan, yang tidak setara dengan pertumbuhan/peningkatan kualitas diri anda. Seperti kisah padi diatas, sesuatu yang dipaksakan, yang menentang alam, akan segera layu dan mati.

(Oleh : Asevy Sobari)