Kenali Lebih Jauh Orangtua Teman Si Kecil

Posted on 4 Mei 2014 oleh

1


Anak sholehAkan sangat menyenangkan, bukan, bila setiap kali si kecil pulang dari sekolah bercerita kepada Anda bahwa ia memiliki teman baru dengan antusias.

Namun seiring waktu, di saat anak-anak semakin besar tubuhnya dan bertambah usianya, ada baiknya bila Anda pun mengenali siapa saja teman-teman sepermainan si kecil dan siapakah orangtua mereka, serta di mana pula mereka tinggal.

Menjadi sangat penting bagi Anda sebagai orangtua untuk selalu terkait dengan kehidupan yang dijalani si kecil, setiap waktu. Caranya, dengan mendengarkan setiap cerita yang ia sampaikan kepada Anda dan responlah dengan memberikan pertanyaan ringan tentang apa yang ingin lebih Anda ketahui dari ceritanya tadi.

Sebaliknya, jangan pernah beri jawaban ‘Wah, Ibu tidak tahu’ ketika si kecil bertanya tentang sesuatu, terutama soal pertemanan, kepada Anda. Jika memang Anda benar-benar tak punya ide untuk menjawabnya, bisa saja Anda beri analogi melalui dongeng sehingga si kecil paham dan mengerti apa maksud dari pertanyaannya itu.

Selanjutnya, Anda sebaiknya mengetahui dan bertanya siapa sajakah sebenarnya teman-teman si kecil, baik yang ada di sekolah maupun yang ada di lingkungan rumah tinggal. Mungkin Anda akan mengetahui sedikit mengetahui soal anak-anak tetangga yang tinggal di dekat rumah, tetapi anak-anak biasanya memiliki teman jauh lebih banyak ketimbang yang Anda ketahui.

Untuk itu, satu hal yang juga patut Anda ketahui adalah orangtua teman-teman si kecil. Untuk mengetahuinya lebih jauh, Anda tentu harus bersikap lebih aktif mencari tahu, terutama ketika si kecil mulai mendapat teman baru. Tujuannya, agar Anda semakin tahu seperti apa kehidupan dan karakter teman si kecil dan bagaimana orangtuanya.

Perlu Anda tahu, anak-anak seringkali meniru sikap orangtuanya. Anda adalah contoh utama si kecil dalam bersikap. Mungkin selama ini Anda merasa sudah bersikap baik dan mengajari si kecil dengan cara yang baik pula. Tapi jangan lupa, teman-teman si kecil bisa juga memberikan pengaruh buruk kepada si buah hati, lho. Dan apa yang ditampilkan anak-anak lain bisa saja menjadi contoh jelek bagi si kecil, misalnya soal ucapan tidak layak, buruk atau sikap tidak sopan.

Sehingga, menjadi orangtua yang ikut aktif di kegiatan sekolah si kecil bisa menjadi salah satu cara bagi Anda untuk mengetahui latar belakang teman baru si kecil lewat orangtua mereka. Berkenalanlah dengan para orangtua murid lainnya untuk mengetahui seperti apa karakter mereka dan bagaimana mereka membesarkan anak-anaknya.

Atau, izinkan teman-teman si kecil untuk bermain di rumah Anda untuk semakin mengetahui bagaimana cara mereka berteman dan berkomunikasi satu sama lainnya. Akan lebih baik lagi jika sekali waktu Anda mengundang beberapa orangtua teman dekat si kecil untuk mengetahui lebih jauh seperti apa para orangtua itu berinteraksi dengan anak-anaknya.

Anda tak ingin bukan, si kecil tiba-tiba suka bicara jorok atau kotor kepada Anda dan berubah sikapnya hanya gara-gara sering bermain bersama teman-temannya yang memiliki sikap tak selayaknya anak-anak seusianya.

(Tabloid Nova)

Ditandai: ,
Posted in: Serba-serbi, Tausyah