5 Cara Menghapus Rasa Penyesalan Dalam Hidup Anda

Posted on 27 Juli 2014 oleh

0


persahabatanindahnyawordpresscom

Penyesalan adalah sesuatu yang pasti akan dialami setiap orang. Entah itu penyesalan yang ringan atau berat. Juga penyesalan yang baik atau buruk.

Mustahil bagi seseorang menjalani hidup tanpa mengalami penyesalan sama sekali.

Tapi kadang-kadang, kita seringkali menunggu sesuatu terjadi yang membuat kita menyesal, bukan lantas malah menghindari sejak awal meskipun kita tahu hal tersebut akan terjadi.

Banyak dari orang yang pada akhirnya tidak bisa menghilangkan rasa penyesalannya. Bahkan dia akan tetap merasa menyesal selama hidupnya karena kesalahan yang dilakukannya.

Akibatnya, hal tersebut dapat memengaruhi hidup mereka, dan bahkan bisa membuat mereka depresi karena hidup dalam ketakutan dan penyesalan yang terlalu dalam.

Karena itulah, ada baiknya Anda mulai menghapuskan penyesalan dalam diri Anda, dan belajar menerima kenyataan. Pada dasarnya, tidak ada manusia yang sempurna, dan sesuatu hal dalam kehidupan yang sempurna.

Yang diperlukan adalah Anda menerima kenyataan dan belajar menghadapinya. Berikut beberapa cara menghapus penyesalan dari hidup Anda :

1. Berhenti Menjadikan Diri Anda Sebagai Korban

Anda berpikir bahwa Anda berada dalam kekuasaan dunia. Setiap keberhasilan yang Anda temukan hanyalah kebetulan dan kegagalan yang Anda temui adalah di luar kendali Anda.

Tapi jika Anda sedang  tidak memegang kendali, lalu siapa yang mengendalikan?
Sadarilah, Anda tidak menjadi korban dalam hidup ini. Anda berada di kursi pengemudi. Anda berada dalam kontrol. Tidak ada yang memiliki perintah atas hidup Anda lebih dari yang Anda lakukan.

Gunakan kekuatan yang Anda miliki, Anda memiliki kemampuan untuk membuat sesuatu terjadi dalam hidup Anda. Setelah Anda membuat perubahan pada  pola pikir ini, segala sesuatu yang lain menjadi lebih mudah.

2. Berhenti Bertahan Pada Penyesalan, Dan Kembali Pada Upaya Terbaik Anda

Anda ragu-ragu, takut dan Anda tidak memberikan 100% usaha terbaik Anda. Mungkin Anda takut gagal. Atau mungkin Anda takut sukses.

Apa pun alasannya, Anda hanya tidak memberikan semua yang Anda punya. Dan itu masalah karena memberikan upaya bersemangat bisa menjadi perbedaan antara  menjalani kehidupan yang Anda impikan dan hidup  dalam mimpi buruk.

Jangan takut untuk pergi ke dalam dan bermimpi, Anda harus percaya bahwa usaha Anda tidak selalu diperhatikan orang, serta kesuksesan dan kebahagiaan adalah efek samping yang  langsung datang kepada Anda ketika anda memberikan semua yang Anda punya.

Anda tidak akan pernah menyesal dengan memberikan usaha maksimal anda pada sesuatu

3. Mulai Membuat Keputusan untuk Diri Sendiri, Bukan untuk Orang Lain

Ayah Anda memilih karir untuk Anda, ibu Anda memilih pasangan untuk Anda dan sekarang pasangan Anda memutuskan segala sesuatu dalam hidup anda.

Anda benar-benar memutuskan diri Anda untuk hidup menyesal jika Anda membiarkan semua orang di sekitar Anda membuat keputusan untuk Anda. Mereka tidak bisa masuk ke dalam kepala Anda, sehingga mereka tidak tahu apa yang Anda inginkan.

Dan bahkan jika mereka tahu, mereka hanya mengedepankan keinginan mereka sendiri dan keinginan serta kebutuhan Anda akhirnya mengambil kursi belakang.

Mulailah membuat keputusan sendiri. Membuat keputusan yang tepat untuk Anda, bukan keputusan yang dipikirkan orang lain untuk Anda. Tidak ada yang tahu tentang Anda lebih baik dari Anda sendiri.

Anda bisa melukai beberapa perasaan, Anda bahkan mungkin kehilangan beberapa hubungan, tapi tak satu pun dari mereka memiliki dan  menjalani kehidupan seperti Anda yang benar-benar ingin menjalani hidup.

4. Berhenti Menjadi Orang Yang Suka  Beralasan

Anda selalu memiliki alasan untuk tidak bisa melakukan sesuatu, baik karena waktunya tidak tepat atau Anda memiliki sesuatu yang lebih penting untuk dilakukan. Tapi disini masalahnya, alasan mungkin  penyebab nomor satu seseorang hidup dengan penyesalan.

Alasan merusak Anda karena mereka menghentikan Anda dalam melakukan apa yang Anda ingin,dalam mencapai tujuan Anda dan dalam menciptakan hidup layak, meskipun Anda sepenuhnya mampu untuk mencapai semua itu.

Berhenti  beralasan. Pikirkan dengan jelas tentang apa yang Anda inginkan dan mengapa Anda menginginkannya. Kemudian dengan berjalannya waktu alasan akan  mencoba merayap dalam pikiran itu, tanyakan pada diri sendiri, “apakah alasan ini lebih penting daripada tujuan saya dalam hidup?” Kemungkinan, itu tidak.

5. Mulai Dengarkan Kata Hati

Anda tahu persis kemana hati  Anda membimbing , tapi Anda takut untuk mengikutinya. Anda  takut bahwa orang-orang mungkin mengkritik Anda. Anda takut bahwa Anda mungkin gagal. Anda takut bahwa Anda mungkin akan dihakimi.

Tapi, jika melihat gambaran yang lebih besar dan lebih penting? Apakah Anda bersedia untuk mengabaikan hati Anda, gairah Anda, dan impian terbesar Anda hanya karena apa yang orang lain katakan?

Sadarilah bahwa semua orang akan memberi penilaian pada diri anda, sehingga Anda mungkin juga membiarkan mereka menilai saat Anda melakukan sesuatu yang Anda cintai. Dengarkan kata hati Anda, ikuti gairah hidup Anda dan biarkan semuan yang menantang  bicara semau mereka.

(Oleh : Kabar24)