Atasi Kesepian Agar Tak Depresi

Posted on 31 Juli 2014 oleh

1


persahabatanindahnyawordpresscom

Merasa kesepian bukan lah hal baru dan wajar dirasakan setiap orang. Namun bagaimana Anda mengatasi hal inilah yang menjadi penting untuk diketahui. Bagaimana pun, kesehatan Anda juga berpengaruh jika Anda merasa sedih dan murung karena merasa sendiri.

Seperti kata Dr. Allen dalam yang menyatakan bahwa perasaan kesepian itu normal, reaksi yang sehat dan masalah yang bagus karena orang yang merasa sendiri memiliki pikiran positif dan termotivasi untuk menjalin hubungan sebagai sahabat, pasangan atau sekedar teman bicara.

Banyak penyebab mengapa orang merasa kesepian, salah satu yang paling umum adalah terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bekerja hingga tidak sempat menjalin hubungan sosial seperti memberikan waktu kumpul keluarga dan pergi bersama teman-teman. Bahkan jika Anda dalam situasi yang ramai pun, Anda bisa merasa sendiri.

Mungkin karena sudah lama tidak berjumpa dan melakukan komunikasi sewajarnya sehingga menimbulkan suasana canggung dan enggan bertegur sapa. Anda bisa juga merasa sendiri meski sudah punya pacar atau pasangan. Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya komunikasi dan saling tukar pikiran.

Faktor lain yang menambah daftar penyebab rasa kesendirian adalah Internet. Tidak bisa dipungkiri bahwa hubungan dunia maya sangat berbeda dengan dunia nyata, sehingga Anda tetap merasa sendiri meskipun punya teman di dunia maya.

Kehilangan orang yang dicintai atau hewan yang disayang serta mengalami suatu penyakit tertentu yang membuat seseorang malu seperti kanker, HIV, penyakit kulit, luka bakar, kelumpuhan wajah, dan luka lainnya juga bisa membuat seseorang merasa kesepian karena merasa dijauhi.

Jika masalah kesendirian ini tidak segera diatasi, Anda akan merasa, sedih, dan terisolasi yang nantinya dapat menjadi tanda kondisi medis yang lebih serius, seperti depresi, fobia, atau gangguan kecemasan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mulai dengan langkah mudah yaitu menghubungi semua teman-teman Anda dan menjalin komunikasi dengan mereka.

Melupakan mantan dan berkumpul dengan orang-orang baru juga membantu meredakan kesepian. Jika teman-teman Anda sama-sama sibuk, ikut perkumpulan dengan hobi yang sama juga sangat baik untuk Anda. Mengikuti kegiatan yoga, meditasi atau pilates juga bisa menenangkan pikiran serta memberikan ketenangan batin.

Jadi, pilih cara yang membuat Anda nyaman sekaligus mampu menghilangkan kepenatan ya, karena kesendirian bisa memicu masalah kesehatan mental yang serius seperti depresi.

(Oleh : Vemale)

Ditandai: ,