Bunuh Diri Bukan Solusi Untuk Masalah

Posted on 27 September 2014 oleh

3


persahabatanindahnyawordpresscom

Every cloud has its silver lining. Setiap masalah pasti akan ada hikmahnya. Begitulah kata pepatah mengatakan untuk setiap masalah yang kita hadapi. Pernah juga ada yang mengatakan’, “jika kita tidak memiliki masalah, mungkin, kitalah masalah itu.” Karena, tidak ada satu orang orang pun yang tidak memiliki masalah. Semua orang pasti memiliki masalah. Hanya saja, tidak semua merasa lemah dan enggan untuk menghadapi masalah yang melandanya.

Jika kita mau sedikit berpikir positif, masalah adalah anak tangga yang akan membuat derajat kita naik satu tingkat lagi. Namun, sayang sekali, banyak yang terlalu merasa lemah saat dihadapkan dengan sebuah masalah. Bahkan, banyak juga yang mencari jalan keluar salah ketika tidak bisa memecahkan masalah yang dihadapinya.

Berbicara memang mudah. Tapi, mari kita berpikir lebih jernih lagi. Banyak orang yang tak mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya dan memilih bunuh diri. Padahal, bunuh diri bukanlah jawaban dan jalan keluar dari semua masalah yang kita hadapi. Kita harus yakin, masalah yang kita hadapi suatu saat akan ada jalan keluarnya. Masalah hanya bersifat sementara. Sedangkan bunuh diri, adalah solusi abadi untuk masalah kecil yang kita hadapi. Sangat tidak seimbang bukan?

Bunuh diri adalah solusi abadi. Sedangkan masalah yang kita hadapi hanyalah sementara. Bunuh diri bukanlah jawaban. Bunuh diri bukanlah jalan. Masih banyak jalan keluar lain yang bisa kita tempuh.
Mungkin, mereka berpikiran bahwa dengan mati, mereka tidak akan menemukan masalah lagi. Tapi, itu bukanlah jalan keluar atas masalah yang sedang kita hadapi. Kenapa kita terlalu lemah? Kenapa kita tidak bisa menggunakan akal sehat? Kenapa memilih jalan keluar yang salah? Bahkan, mereka yang sudah terlanjur bunuh diri pun, mungkin akan menyesali jalan yang dipilihnya.

Coba kita ingat saat masih kecil dulu. Kita sering terjatuh, terluka, dan menangis. Dengan menangis, rasa sakit sudah sedikit terobati meski luka belum sembuh kering. Dan akhirnya, keesokan harinya kita kembali ceria dan bermain lagi. Begitu juga dengan masalah yang sedang kita hadapi saat ini. Masih ingat juga kan, ‘semakin tinggi pohon, semakin besar angin yang menerpa’? Semakin bertambah usia, semakin bertambah kehidupan, akan ada masalah yang menguji seberapa jauh, seberapa tinggi ilmu dan kesabaran kita.

Kembali lagi, semua orang memiliki masalah sendiri. Tapi, banyak yang masih bisa menggunakan akal sehat. Banyak yang masih terketuk hatinya untuk tetap sabar dalam menghadapi cobaan dan ujian di depannya. Mereka tak ingin, perjuangan yang selama ini ditempuhnya hilang sia-sia hanya karena masalah yang berakhir pada memutuskan untuk bunuh diri. Mereka yakin, masalah hanya adalah ujian untuk kehidupan yang lebih tinggi lagi.

Memang, terasa berat dan seolah kita tak mampu menghadapinya. Namun, kita tetap harus yakin, besok kita akan menemukan keceriaan lagi.

(Oleh : Vemale)

Iklan