Nikmatnya Blogwalking

Posted on 24 Juli 2012 oleh

37


blogwalking

Istilah blogwalking pastinya hal yang biasa didengar para pemilik blog. Blogwalking artinya kalau menurut saya yaitu melakukan perjalanan dari blog ke blog. Entah hanya sekedar me-like atau berkomentar di postingan blog tersebut. Ada juga yang sekedar berkomentar tak jelas yang tidak sesuai dengan isi topik dari postingan tersebut untuk mendapatkan backlink. Hal itu memang tidak terlalu mengganggu asal bukan spam.

Tapi disini saya tidak akan membicarakan para blog yang menyebarkan spam. Tapi saya akan berbicara nikmatnya blogwalking. Mengapa saya katakan nikmat? Karena dari situ kita dapat melihat-lihat berbagai postingan yang ada di blog. Mulai dari sebagai buku harian, bisnis, berita, pencerahan iman, dan lain sebagainya. Dan disitu kita juga bisa melihat blog-blog yang sudah tidak aktif lagi. Bisa dibilang sebuah catatan yang hanya menjadi kenangan yang dapat dilihat semua orang. Dan kalau yang satu ini saya sempat terpikir kalau nanti saya sudah tidak aktif lagi untuk di blog, saya ingin blog ini masih bermanfaat bagi saya khususnya dan bagi semua orang umumnya.

Setiap manusia memang mempunyai hak dalam menentukan sebagai apa blognya. Yang terpenting tidak ada yang merasa tersakiti dari apa yang di posting. Heem daripada saya bicara melebar terlalu jauh, kita kembali ke topik.

Saya memiliki 4 blog, yang 3 menggunakan blogspot dengan judul blog Al Quran Online dan Audio Video, Jimmy Al Ghazali Indra, Tatamor, yang Persahabatan Indahnya ini saya menggunakan wordpress. Untuk melakukan blogwalking biasanya saya mampir dulu ke forum wordpress atau ke komunitas blogger untuk mencari-cari blog yang akan saya kunjungi.

Oke sahabat lakukanlah blogwalking karena sahabat akan mendapatkan manfaat. Orang bijak mengatakan “jika anda ingin dikenal orang, anda harus dapat membuka diri.”

(Oleh: Jimmy Al Ghazali Indra)

Posted in: Serba-serbi